PSJ UNS-Pusat Studi Jepang (PSJ) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama Program Studi (Prodi) Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan  Urban Rural Design and Conservation Laboratory (URDC Labo) UNS mengadakan kegiatan workshop. Kegiatan bertajuk “Adaptive Reuse Project in Japan, Study Case of Kiki Kita-Senju Tokyo” ini berlangsung di Aula Gedung H.B. Sutopo FSRD UNS pada Senin (12/6/2023).

Narasumber yang dihadirkan yaitu Masataro Takagi yang merupakan asisten profesor di Design Science Chiba University, Jepang. Selain itu, Ia juga merupakan praktisi dalam desain dengan approach adaptive reuse di Jepang. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala PSJ UNS, Dr. Eng. Kusumaningdyah N.H. S.T., M.T. dan peergroup PSJ UNS, Pandu Purwandaru, S.Ds., M.Ds., Ph.D.

Dalam workshop ini Takagi sensei menjelaskan adaptive reuse baik secara universal di Jepang dan juga contoh kasus yang spesifik, yaitu proyeknya yang Bernama Kiki yang berlokasi di Kita-Senju Tokyo. Melalui pendekatan tersebut, Takagi sensei ‘menyulap’ rumah tua yang sudah tidak memiliki fungsi menjadi suatu hub bagi anak muda untuk mengenal teh tradisional Jepang.

Pemilik dan desainer dari Kiki Kita-Senju, Tokyo tersebut juga membahas pengalaman dalam mendesain kafe dengan memanfaatkan bangunan eksisting tradisional Jepang melalui pendekatan adaptive reuse. Dalam membuat kegiatan kafe tersebut menjadi hidup, Takagi sensei juga membahas program-program apa saja yang ditawarkan berbasis potensi budaya yang ada di Jepang.

Puluhan peserta dari FSRD UNS dan Prodi Arsitektur Fakultas Teknik (FT) UNS sangat antusias mengikuti workshop tersebut. Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan bagi mahasiswa untuk lebih mengembangkan kreativitasnya khususnya di bidang arsitektur dan interior.