PSJ UNS-Pusat Studi Jepang (PSJ) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan workshop dengan tema ‘Japanese Traditional Paper-washi and Its Culture’. Kegiatan ini bekerja sama dengan Urban Rudal Design and Conservation (URDC Labo) UNS, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik (FT) UNS, dan University of Vienna, Austria.

Dalam kegiatan yang berlangsung di UNS Inn pada Senin (22/5/2023), pemateri yang dihadirkan yaitu Mika Utsugi, mahasiswa University of Vienna, Mika Utsugi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya tradisional Jepang yang mulai ditinggalkan, yakni paper-washi tradisional yang biasa digunakan untuk membuat kreasi origami. Acara dibuka langsung oleh Ketua PSJ UNS, Dr. Eng. Kusumaningdyah N.H., S.T., M.T.

Peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa dan dosen UNS yang berasal dari berbagai program studi. Sebanyak 23 peserta tersebut antusias mengikuti kegiatan workshop sampai selesai. Dalam kegiatan ini, peserta diajarkan membuat 5 jenis origami, yaitu paper crane, decorative paper box, ribbon, kabuto-decorative samurai helmet, dan paper balloon. Peserta disediakan kertas origami dari panitia dan paper-washi asli dari Jepang.

Mika Utsugi aktif memberikan tutorial dan mempraktikkan cara membuat origami. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mengaplikasikan kreasi origami dengan jenis-jenis lain dan motif kertas yang berbeda di lain kesempatan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas peserta dan membangun serta memperkuat relasi antara mahasiswa Indonesia dan Jepang.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan penutupan yang disampaikan oleh Dr. Eng. Kusumaningdyah N.H., S.T., M.T. Dengan adanya proses pertukaran budaya ini, mahasiswa UNS diharapkan mendapat ilmu-ilmu baru yang menarik dan bermanfaat dalam menempuh studi.

Reporter: Bayu Prasetya