PSJ – Sosok dosen muda yang penuh gairah dan inspiratif begitu melekat pada Danar Praseptiangga, S.TP., M.Sc., Ph.D. Dosen kelahiran Surakarta ini baru saja mendapat kesempatan berharga untuk melakukan academic and research exchange di Negeri Cokelat, Belgia, tepatnya di Ghent University.


Danar Praseptiangga, Ph. D. di Belgia bersama dua rekannya sesama dosen di Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Adhitya Pitara Sanjaya, M.Sc dan Dimas Rahadian Aji Muhammad, Ph.D. Anggota peer group dari Pusat Studi Jepang (PSJ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNS tersebut rencananya juga akan melakukan riset kolaborasi ke depan di Department of Food Technology, Safety, and Health, Faculty of Bioscience Engineering.


Kesempatan yang diperoleh Danar Praseptiangga untuk melakukan aktivitas akademik dan riset di Ghent University didapat berkat visiting scholar dengan program Scheme for Academic Exchange and Mobility (SAME) 2019 yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Iptek Dikti), Indonesia.

“Aktivitas yang dilakukan selama tiga bulan, yaitu mulai dari September sampai November 2019. Kegiatan ini terkait dengan sharing akademik dan riset dalam kerangka kolaboratif UNS dan Ghent University,” ujar Danar Praseptiangga.
“Semoga aktivitas-aktivitas ini dapat semakin meningkatkan reputasi UNS dalam menuju world class university (WCU) dan mendukung program Sinergisitas Internasionalisasi Akselerasi Prestasi (SIAP) FP dengan membawa spirit Gift from God, Respectful, Excellent, Acceleration, Teamwork (GREAT) Prodi ITP FP UNS,” tambah Danar Praseptiangga.


Lulusan S3 Hiroshima University, Jepang tersebut juga mengungkapkan kedepannya UNS bersama dengan Ghent University akan terus mengupayakan kolaborasi yang konstruktif dalam kegiatan riset kolaboratif, joint publikasi, exchange programs (scholars/ student mobility), dan joint workshop. (yef)