Road Map

March 11th, 2014 Leave a comment Go to comments

PETA DAN ALUR AKTIVITAS RISET

A. Pendahuluan

Sebagaimana tertuang dalam Visi dan Misi Pusat Studi Jepang (PSJ) LPPM UNS, maka pengembangan roadmap PSJ dilakukan dalam tiga bidang, yaitu Bidang Penelitian, Bidang Pengabdian, dan Bidang Kerjasama.

Pusat Studi Jepang UNS (PSJ UNS) memiliki visi sebagai pusat kajian ilmu pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, sains, dan teknologi yang dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, sehingga untuk mewujudkan visi tersebut, PSJ UNS mempunyai misi sebagai berikut:

Melakukan penelitian kolaboratif pada bidang pendidikan, sosial, ilmu alam dan terapan, ilmu kesehatan, dan bidang-bidang lain yang terkait,

Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak baik negeri maupun swasta di tingkat lokal, regional maupun internasional,

Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai upaya aplikasi dan diseminasi hasil-hasil kajian kolaboratif

Program dan Kegiatan

Program dan kegiatan utama yang akan dilaksanakan di PSJ - UNS adalah penelitian dan pengabdian masyarakat yang difokuskan pada tiga bidang utama yaitu:

Bidang Penelitian

Mengembangkan penelitian tentang Jepang dalam perspektif studi kawasan (area studi) dalam bidang-bidang sosial budaya, sains dan teknologi, politik, ekonomi dan hubungan internasional. Dalam penelitian tersebut PSJ-UNS akan bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga seperti Japan Foundation, JICA dan Universitas-universitas di Jepang.

Menerbitkan dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian, buku maupun jurnal.

Memberikan fasilitas kepada peneliti dari Jepang maupun Indonesia yang bermaksud menggunakan PSJ-UNS sebagai research base dalam aktivitas penelitiannya (visiting research fellow).

Bidang Pelayanan Akademik

Mendukung kegiatan pembelajaran dalam kajian Jepang yang diselenggarakan oleh fakultas, jurusan atau program studi yang terkait.

Mengembangkan perpustakaan dan museum/galeri untuk Jepang.

Menyelenggarakan seminar, diskusi, bedah buku atau pertemuan ilmiah lainnya dengan topik-topik yang berkaitan dengan Jepang dan Indonesia.

Bidang Kerjasama dan Pengabdian Masyarakat

Menjalin kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga riset baik di Indonesia maupun Jepang dalam berbagai bidang.

Menjalin kerjasama kemitraan dengan instansi pemerintah dan swasta di tingkat lokal, nasional maupun internasional dalam bidang-bidang yang terkait dengan Jepang dan Indonesia.

Mengaplikasikan hasil penelitian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dan pengenalan budaya dan masyarakat Jepang.

Dalam upaya untuk menginisiasi Pusat Studi Jepang UNS (sebagai salah satu pusat studi yang baru di lingkungan LPPM UNS) menuju pusat studi yang memiliki tata kelola yang baik dan mempunyai strategi program kerja kegiatan unggulan, maka Pusat Studi Jepang menitikberatkan kegiatannya kepada topik/ kajian dalam bidang Pendidikan sebagai kajian dan pengembangan tiap subyek/tema riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam kurun waktu dekat ini. Pendidikan di sini mencakup arti yang luas, termasuk di dalamnya adalah pengkajian dan pengembangan keilmuan yang terkait dengan berbagai latar belakang kelimuan / keahlian para anggota (peer group) PSJ UNS.

Sejak didirikan pada tahun 2012, PSJ UNS telah melakukan serangkaian kegiatan terkait dengan ketiga bidang tersebut. Dalam bidang penelitian telah dilakukan riset-riset mandiri di Jepang oleh salah seorang peer group PSJ, khususnya pada bidang pendidikan. Sementara dalam bidang Pengabdian, beberapa Peer Group telah secara aktif melakukan sosialisasi konsep PAUD ala Jepang ke beberapa wilayah di Jawa Tengah, yaitu Surakarta, Salatiga, dan Klaten. Kegiatan pengabdian juga dilakukan dalam bidang pengelolaan sampah ala Jepang yang baru dimulai di daerah Sukoharjo. Sedangkan dalam bidang kerjasama, PSJ telah menjajagi kerjasama dengan organisasi tingkat lokal terkait dengan penyelenggaraan kegiatan pengabdian, dan lembaga-lembaga yang kompeten dalam bidang studi ke-Jepangan, dan memiliki perhatian terhadap pengembangan studi ini, di antaranya Japan Foundation dan JICA.

PSJ LPPM UNS memiliki peer group sebanyak 19 orang yang berasal dari beragam latar belakang kepakaran dan keilmuwan. Oleh karena itu, riset dan kegiatan penelitian dan pengabdian yang dapat dilakukan oleh PSJ adalah kegiatan yang bersifat multidisiplin. Berdasarkan kepakaran dari peer group, maka potensi riset yang dapat dikembangkan di PSJ adalah sebagai berikut :

No

Bidang Riset

Jumlah peer group

1

Pendidikan

3 orang (Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D; Dr. Suciati, M.Pd., Yudianto, Sudjana, S.Kom., M.Kom)

2

Pertanian dan Ilmu Teknologi Pangan

4 orang (Danar Praseptiangga, S.T.P., M.Sc., Ph.D; Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S.; Prof. Dr. Agr. Ir. Vita Ratri Cahyani, M.P.; Komariah, S.TP.,M.Sc., Ph.D.)

3

Kedokteran

3 orang (Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D.; Afiono Agung Prasetyo, dr., Ph.D.; Brian Wasita, dr., Ph.D.)

4

MIPA (Fisika/Kimia/

Nanoteknologi)

5 orang (Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.; Dr. Eng. Agus Purwanto, S.T., M.T.; Dr. Eng. Risa Suryana, S.Si., M.Si.; Dr.Eng. Kusumandari, S.Si., M.Si; Sorja Koesoema, S.Si., M.Si.)

5

Budaya dan Bahasa

2 orang (Naomi Kawasaki; Novita Aryasusanti, S.Pd)

6

Hukum

1 orang (Prasetyo Hadi Purwandoko, S.H., M.H)

B. Road Map Penelitian, Pengabdian dan Kerjasama

Berdasarkan potensi yang dimiliki oleh PSJ UNS, maka perlu dikembangkan road map yang menggambarkan rencana, arah, dan sasaran/target penelitian, pengabdian dan kerjasama PSJ dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang sebagai berikut :

TAHUN

BIDANG PENELITIAN

BIDANG PENGABDIAN

BIDANG

KERJASAMA

2014-2016

Analisis Model Pendidikan Anak Usia Dini Jepang dalam Rangka Pengembangan Model PAUD Berbasis Lifeskill di Indonesia

Analisis Model Pendidikan Sains di Jepang dalam Rangka Pengembangan Pendidikan Sains Bertaraf Internasional di Indonesia

Analisis Model Pendidikan Lifeskill (Seikatsuka) di SD Jepang dalam Rangka Pengembangan Pendidikan Lifeskill di Indonesia

Pengembangan Pangan Darurat berbasis Komoditas Lokal untuk Kondisi Bencana

Penganekaragaman Produk Olahan Pangan berbasis Potensi Lokal

Sosialisasi PAUD ala Jepang di Lembaga PAUD di Jawa Tengah

Pendampingan Pelatihan Manajemen PAUD ala Jepang di TK-TK Jawa Tengah

Pendampingan Pelatihan Pengelolaan Sampah Ala Jepang di Sukoharjo

Pendampingan Pengembangan Sistem Pengelolaan Sampah di Tingkat Kelurahan/Desa

Pendampingan Teknologi Pengolahan Pasca Panen Berbasis Potensi Lokal

Lokal :

1. DPP Aisyah Muhammadiyah Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah

2. IGTKI Cabang Salatiga

Nasional :

PERSADA

Internasional :

1. MoU Nagoya University

2. JF

3. JICA

4. Aichi University of Education

2017-2020

Pengembangan dan Evaluasi Model PAUD Berbasis Lifeskill

Pengembangan dan Evaluasi Model Pendidikan Super Sains di Indonesia

Pengembangan dan Evaluasi Model Pembelajaran Lifeskill di SD di Indonesia

Pengembangan Produk Olahan Pangan berbasis Potensi Lokal

Pengembangan sistem one region one product ala Jepang di Jawa Tengah

Lokal :

Daerah sentra produksi pertanian di Jawa Tengah

Nasional :

Ikatan Pengusaha Jepang di Indonesia

Internasional :

University di Jepang

c. Rincian Road Map Tahun 2014-2015

Bidang Kajian

2014

2015

Kondisi Awal

Kegiatan

Target/Luaran

Kegiatan

Target

A. Penelitian

1. Pendidikan PAUD di Indonesia yg masih mementingkan kemampuan akademik, dan bukan mengembangkan kemampuan multi intelligent, life skill siswa, sementara PSJ memiliki ahli kependidikan salah satunya tentang PAUD Jepang, dan adanya kerjasama rutin dengan Instruktur Origami dari Jepang, Gejima Hamako

2. Pendidikan sains dari level SD hingga SMA di Indonesia belum menunjukkan prestasi yang menggembirakan jika dibandingkan dengan capaian peer mereka di negara maju. Pembelajaran sains dan pengembangan Super Science High School Project di Jepang dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan Model Sekolah Sains Unggul di Indonesia

Riset Analisis Model PAUD Jepang dan Kemungkinan Aplikasinya di PAUD Indonesia dalam rangka Pengembangan PAUD Berbasis Lifeskill

Publikasi Internasional

Buku Teks

Analisis Pendidikan Sains di Level SD dan SMP di Jepang

Publikasi Internasional

Buku Teks

B. Pengabdian

1. Pelaksanaan PAUD di Indonesia yang masih belum mengedepankan kemandirian, lifeskill, dan pembinaan multitalenta pada anak didik, sementara Jepang memiliki sistem dan model PAUD yang bertaraf internasional dan mengedepankan kemandirian dan lifeskill

2. Kesadaran masyarakat Indonesia tentang persampahan yang masih rendah, dan sistem pengelolaan sampah yang berbasis potensi daerah belum dikembangkan, sementara Jepang memiliki Sistem Pengelolaan Sampah yang terbaik di dunia

Sosialisasi PAUD ala Jepang dalam rangka membuka wawasan guru TK yang tergabung dalam IGTKI Klaten dan Salatiga

Kesadaran Guru-Guru IGTKI tentang PAUD yang alami, dan lebih memfokuskan pada daily life

Publikasi di Jurnal Nasional

Sosialisasi Sistem Pengelolaan Sampah ala Jepang kepada masyarakat dari tingkat pemerintahan terendah di Sukoharjo

Kesadaran warga tentang pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga dan RT

Publikasi di Jurnal Ilmiah

C. Kerjasama

Masih sempitnya jaringan kerjasama PSJ dan perlunya memperkuat institusi melalui kegiatan promosi dan membangun network dengan berbagai instansi terkait

Pengembangan kerjasama dengan DPP Aisyah Muhammadiyah Bidang Pendidikan Klaten

Kerjasama dengan IGTKI Salatiga

MoU

Kerjasama dengan JF untuk kegiatan rutin tahunan

Kerjasama dengan JICA untuk kegiatan rutin

MoU

Berdasarkan uraian di atas, target Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pusat Studi Jepang (PSJ) UNS sebagai berikut:

Pengembangan IPTEKS

Berkontribusi aktif dalam memberikan solusi terhadap masalah pembangunan nasional khususnya sektor pendidikan

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan P2M sebagai dukungan untuk membantu pelaksanaan dan penyelesaian tugas akhir/penelitian skripsi

Pembangunan networking dengan berbagai mitra, dari kalangan akademisi, praktisi industri, pemangku kebijakan, dan antar institusi/lembaga

Peningkatan capaian akademik berupa publikasi ilmiah (artikel jurnal ilmiah nasional/internasional dan presentasi dalam forum nasional/internasional), peningkatan capaian perolehan hak paten/HAKI, dan luaran penelitian/pengabdian yang lain (bahan ajar dan teknologi tepat guna)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*