Home > Kegiatan PSJ UNS > Program Well Being in Asia I

Program Well Being in Asia I

March 3rd, 2015 psj

Tanggal 27 Jan 2015 sd 2 Februari 2015, telah berlangsung Program Well Being in Asia I, yang merupakan program kerjasama Nagoya University, UNS dan UNDIP. Dari pihak UNS, Tim Pelaksana dibentuk dengan melibatkan Danar Praseptiangga (PSJ), Murni Ramli (PSJ), Taufiq Al Makmun (IO UNS), Brian Wasita (PSJ, FK), Sutrisno Hadi P (FP).

Program Well Being in Asia I adalah program field trip mahasiswa Program S2 Nagoya University yang berasal dari Grad School of Education and Human Development, Grad School of International Development, Grad School of Medicine, Grad School of Bioagricultural Sciences. Sebanyak enam orang mahasiswa dari berbagai kewarganegaraan dan didampingi oleh dosen pendamping melakukan kegiatan field trip di Sragen, Solo, Semarang, dan Brebes. Mereka melakukan kunjungan ke sekolah, pesantren, kraton Solo, MAN 2 Solo, dan kegiatan pertanian di Brebes. Para mahasiswa tersebut melakukan kunjungan lapang dalam rangka memilih topik riset yang akan mereka laksanakan di tahun kedua.

Kunjungan hari pertama dilakukan di UNS yang diisi dengan Kuliah Orientasi yang disampaikan oleh Prof. Dr. rer.nat Sajidan, M.Si, Prof. Sulistyo Saputro, Murni Ramli, Ed.D (FKIP UNS) yang menyampaikan topik Pendidikan di Kota Surakarta; Prof. Dr. Agr. Sc. Ir. Vita Ratri Cahyani, MP (FP UNS) yang menyampaikan topik penelitian di bidang pertanian di Indonesia, Dr. Ari Natalia Probondari, MPH., Ph.D (FK UNS) yang mempresentasikan topik penyakit di daerah tropika, serta Drs. Slamet Subekti, MA (UNDIP) menyampaikan topik Masyarakat dan Budaya Jawa. Para presenter menyajikan materi yang menarik sehingga menimbulkan banyak pertanyaan dari para peserta kuliah.

Kegiatan Well Being in Asia akan berlangsung selama tujuh tahun, dan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara UNS dan Nagoya University Jepang. Diharapkan kegiatan ini menjadi titik awal, kerjasama yang lebih luas dalam bidang riset, pengabdian masyarakat, dan publikasi internasional.

Categories: Kegiatan PSJ UNS Tags:
Comments are closed.