PAUD : Harus Dimulai dari Aktivitas Gerakan Fisik

Tanggal 26 Maret 20114, kembali PSJ mengadakan kerjasama kedua dengan PGPAUD FKIP UNS untuk menyelenggarakan sesi II Sosialisasi PAUD Jepang, dalam bentuk Seminar Nasional “Aktivitas Gerak Anak Usia Dini”.

Seminar dibuka oleh Dekan FKIP UNS, Prof Dr. H.M Furqon Hidayatullah, M.Pd, yang sangat antusias menyambut kegiatan ini, sehingga beliau menyempatkan diri mengikuti kegiatan hingga sesi presentasi pembicara kedua. Beliau menyatakan bahwa kegiatan anak di PAUD harus dimulai pada gerakan fisik, bukan pada pelatihan-pelatihan yang memfokuskan ranah kognitif. Beliau juga mengharapkan PG PAUD UNS menjadikan gerakan fisik anak sebagai keunggulan prodi, dan berharap akan ada upaya menyusun kurikulum yang bertumpu pada konsep ini.

Pembicara pertama pada Semnas ini adalah Murni Ramli, Ed.D yang membahas lebih rinci tentang gerakan-gerakan fisik yang diciptakan oleh Saito Kimiko, pakar PAUD di Jepang, dan diterapkan di beberapa TK yang didirikannya. Keunggulan gerakan fisik ala Saito Kimiko telah diuji dan diteliti dampaknya yang positif pada perkembangan otak dan kecerdasan anak oleh Dr. Hideaki Koizumi, pakar brain science Jepang.

Pembicara kedua adalah Gejima Hamako, yang memperkenalkan budaya Jepang, yaitu perayaan Hari Anak Perempuan (O hina matsuri) melalui seni melipat kertas (origami), dengan pelatihan membuat boneka anak laki-laki dan anak perempuan Jepang. Beliau juga melatihkan gerakan brain gym, yang multifungsi, yaitu melatih motorik anak, membiasakan anak melakukan aktivitas sehari-hari, dan menjalin komunikasi antara anak dan orang dewasa.

Kegiatan Semnas dihadiri oleh kurang lebih 350 peserta, terdiri dari mahasiswa, dosen dan guru-guru TK dari Jawa Tengah. Direncanakan follow up dari kegiatan ini adalah pelatihan berkala tentang gerakan dan senam ritmik ala Saito Kimiko, dan bagaimana mengadopsinya sebagai gerakan fisik bagi anak-anak yang menempuh PAUD di Indonesia.

Ke depan, PSJ akan mendukung sepenuhnya dan ikut terlibat secara aktif dalam upaya pengembangan pendidikan anak usia dini di tanah air, dengan mengembangkan riset dan pengembangan serta pengabdian masyarakat terkait dengan Introduksi dan Adaptasi Model PAUD Jepang.