Pengenalan Sistem PAUD Jepang

Menjelang akhir tahun 2013, PSJ UNS melakukan serangkaian kegiatan terkait dengan Seminar, Workshop dan Pengenalan PAUD di Jepang. Program ini telah dilakukan beberapa kali di Solo dan Salatiga, namun minat para guru TK terhadap materi ini sangat tinggi. Sehingga kembali diselenggarakan pada bulan Desember 2013.

Kegiatan pertama diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2013, bertembat di TK Pembina Salatiga, dengan bekerjasama dengan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kecamatan Agromulyo Kota Salatiga. Sekitar 200 peserta yang terdiri dari guru-guru TK dan pengawas PAUD kota Salatiga memadati ruang aula TK Pembina. Pada kegiatan tersebut PSJ diwakili oleh Sekretaris PSJ, Murni Ramli, Ed.D, dan para penggiat pusat studi (peer group), yaitu Dr. Suciati, M.Pd., dan Riezky Maya P, M.Si, yang merupakan dosen FKIP UNS.

Selain kegiatan pemutaran video PAUD di Jepang dan diskusi tentang hal ini, disampaikan pula presentasi tentang Pentingnya Origami Sebagai Kegiatan Anak Usia Dini yang disampaikan oleh Dr. Suciati, M.Pd., dan Coaching Origami dan kegiatan Recreation yang disampaikan langsung oleh Instruktur bersertifikat dari Jepang, Gejima Hamako.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di DPP Aisyiah Muhammadiyah cabang Klaten pada tanggal 22 Desember 2013, bertepatan dengan Hari Ibu.  Karena besarnya jumlah peserta, yaitu sekitar 400 peserta, maka kegiatan talkshow PAUD Jepang dan Coaching Origami dilangsungkan dalam dua sesi.  Para peserta adalah guru-guru TK milik DPP Aisyiah Muhammadiyah Klaten yang jumlahnya ratusan.  Ke depan, PSJ dan DPP Aisyiah Muhammadiyah Klaten sedang merencanakan kerjasama dalam pengembangan TK-TK di bawah koordinasi Aisyiah Klaten.

Tidak hanya mensosialisasikan PAUD Jepang di luar UNS, pada tanggal 23 Desember 2013, bekerjasama dengan PGPAUD FKIP UNS, kembali diselenggarakan kegiatan serupa di Kampus Kleco PGPAUD FKIP UNS. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 350 peserta, berikut dosen-dosen PGPAUD. Antusiasme mahasiswa mengikuti kegiatan ini membuat gedung Aula PGPAUD gegap gempita. Pada kesempatan ini, Murni Ramli, Ed.D menshare tentang Sistem PAUD di Jepang, dan Ibu Gejima Hamako memberikan pelatihan origami dan kegiatan senam sederhana kepada para peserta.

Sistem PAUD Jepang yang bercirikan pada pengembangan fisik, motorik, dan pembiasaan sehari-hari, dan menekankan pada pendidikan berbasis pada alam setempat menjadi inspirasi banyak pihak dalam semua kegiatan yang kami lakukan. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan masukan yang berharga dalam pengembangan pendidikan anak usia dini di tanah air.