Home > Kegiatan PSJ UNS > Kunjungan PSJ ke Nagoya University

Kunjungan PSJ ke Nagoya University

January 10th, 2014 psj

Pada tanggal 27 Nov-2 Des 2013, Pusat Studi Jepang mendapat undangan dari Graduate School of Education and Human Development Nagoya University Jepang untuk mengikuti Workshop Well Being in Asia. Kegiatan dihadiri oleh Pembantu Rektor IV UNS, Bapak Dr. Widodo Muktiyo, Kepala PSJ, Danar Praseptiangga, Ph.D, dan Sekretaris PSJ, Murni Ramli, Ed.D. Perwakilan dari UNS, dan dua universitas lain yang diundang (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia), diterima secara resmi oleh Trustee and Vice President for International Affairs and Public Relations Nagoya University, Bapak Yoshihito Watanabe, Ph.D, juga Dekanat School of Education dan Graduate School of Education and Human Development Nagoya University.

Nagoya University menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai langkah awal rencana pembukaan The Leading Graduate School Program yang bertujuan untuk mengembangkan dan membina leadership di kalangan perempuan Jepang. Di pihak Nagoya University, ada empat Graduate School yang terlibat, yaitu pendidikan, pertanian, kedokteran, dan international development. Dan, selain ketiga universitas tersebut di atas, beberapa universitas di Indonesia, Malaysia, Kamboja dan negara ASEAN lainnya juga terlibat. UNS mendapatkan kehormatan untuk menjadi salah satu Counterpart Program yang direncanakan akan berlangsung selama 7 (tujuh) tahun. Tawaran ini menjadi sangat penting bagi UNS untuk menindaklanjutinya, dan diharapkan dapat terealisasi penandatanganan MoU antara UNS dan Nagoya University.

Dalam Workshop yang berlangsung pada 28 November 2013, perwakilan UNS menyampaikan Profil UNS dan profil fakultas-fakultas yang kemungkinan akan menjadi counterpart kerjasama yang diwakili oleh PR IV, permasalahan pendidikan dan gender di Indonesia dan Asia disampaikan oleh Murni Ramli, Ed.D, dan isu-isu pertanian dan kesehatan masyarakat di Indonesia disampaikan oleh Danar Praseptiangga, Ph.D. Selain mengikuti kegiatan workshop, rombongan UNS juga berkesempatan melakukan kunjungan ke Library Center Nagoya University dan Library School of Education sebagai studi banding dan untuk mendapatkan masukan dalam pengembangan Perpustakaan Pusat UNS, dan juga kunjungan ke Affiliation Junior High School dan Senior High School Nagoya University, yang dapat menjadi masukan rencana pengembangan Lab School di FKIP UNS ke depan.

Selanjutnya, dalam pembicaraan lanjutan untuk menindaklanjuti kerjasama UNS dan Nagoya University, PSJ UNS mendapatkan amanah sebagai “bridge” dan contact institution yang akan membantu fakultas-fakultas untuk memulai kegiatan-kegiatan kerjasama pendahuluan.

  1. January 26th, 2014 at 23:32 | #1

    Wah..bagus sekali kunjungannya. Semoga dapat “mencuri” ilmu dari negara Matahari Terbit tersebut

  1. No trackbacks yet.
Comments are closed.