Home > Organisasi > PUSAT STUDI JEPANG UNIVERSITAS SEBELAS MARET (PSJ-UNS)

PUSAT STUDI JEPANG UNIVERSITAS SEBELAS MARET (PSJ-UNS)

October 16th, 2013 psj

Pusat Studi Jepang Universitas Sebelas Maret (PSJ-UNS) yang diresmikan pada tanggal 13 Desember 2012 merupakan salah satu pusat studi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM-UNS). Pusat studi ini mengkhususkan pada kajian dalam bidang-bidang sosial, budaya, politik, ekonomi, sains dan teknologi, serta hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia melalui pendekatan antar-disiplin dan multi-disiplin.

Berdirinya PSJ-UNS diawali dengan adanya kegiatan Seminar Internasional Batik-Kimono pada bulan Oktober 2011, kunjungan Tim Kerjasama UNS ke Kokushikan University Tokyo pada bulan Nopember 2010, dan Diskusi Prof. Masakatsu Tozu (Kokushikan University) dengan alumni Jepang di UNS pada 6 September 2012. Di masa mendatang akan dilakukan berbagai pengkajian yang terkait dengan bidang-bidang seperti tersebut di atas, dengan melibatkan para peneliti yang berada di UNS melalui kerjasama dengan berbagai pihak antara lain: Kedutaan Besar Jepang, Japan Foundation (JF), Japan International Cooperation Agency (JICA), Kokushikan University Tokyo, Depdikbud-DIKTI, Pemerintah Kota Surakarta dan sekitarnya, dan lain-lain.

Beberapa penelitian yang dihasilkan akan diterbitkan dalam bentuk monograf, laporan penelitian, atau Jurnal ilmiah. Selain kegiatan pengkajian/penelitian, PSJ-UNS juga akan melakukan kegiatan pengabdian dan pelayanan masyarakat dalam bentuk penyelenggaraan pelatihan-pelatihan dan pengenalan budaya dan masyarakat Jepang.

Comments are closed.